Resensi 21.53

FENOMENOLOGI PSIKOLOGI WANITA
Judul buku : Wania Versus Wanita
Penulis : Georges Tarabishi
Penerbit : MIZAN PUSTAKA
Tebal : 318 halaman

Bagi kita, psikologi adalah sesuatu yang tidak asing lagi untuk dibaca dan didengar. Dalam buku “Wanita Versus Wanita” ini ada sedikit perbedaan tentang psikologi wanita yang membuat kita tertarik untuk membacanya lembar demi lembar dari awal hingga akhir, yang tidak menyisakan satu lembarpun. Lalu apa kelebihan isi dari buku ini?

Pertama, buku ini berisi tentang psikologi alam bawah sadar wanita yang belum pernah diungkapkan pada buku psikologi lainnya. Dalam buku ini seorang wanita digambarkan seperti seorang yang penuh permusuhan yang bergejolak terhadap pria, sedangkan pria diibaratkan sebagai orang yang kejam dan penjajah terhadap kaum wanita.

Kedua, buku ini berisi tentang pembelaan terhadap kaum wanita dan penyetaraan gender. Setidaknya buku ini dapat dijadikan salah satu bacaan bagi informator tentang gender yang mengisue dan menghangat sejak tahun 2000.

Ketiga, buku ini berisi tentang jawaban Nawal El-Sadawi atas kritik para kritikus, jawaban yang tegas dan dengan berbagai alasan untuk memperkuat feat-upnya. Cetakan pertama buku ini adalah pada tahun 2001. Novel karangan Nawal El-Sadawi tentang psikologi alam bawah sadar wanita dikritik oleh Georges Tarabishi sebagai karya autobiografi, karena subjek yang digunakan adalah penulis sendiri yaitu mengisahkan seorang dokter dan mahasiswi. Sedangkan Nawal El-Sadawi sendiri adalah mahasiswi Fakultas Kedokteran di Mesir. Paling tidak dia mengisahkan dirinya sendiri juga.
Kemudian dijawab oleh Nawal El-Sadawi bahwa karya itu terserah pengarang, yang penting karyanya itu tidak ada sangkut pautnya dengan biografinya alias bukan autobiografi.


Nadhoirul Ahsani
Temen PERS, PBA 04

1 komentar:

Nazhoier mengatakan...

Terjadi kesalahan cetak di dua kata, 1. informator harusnya informan dan 2.feat-upnya harusnya feed-backnya. Terima kasih.

Posting Komentar